Berlangganan

METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

Mabes TNI : Rotasi 116 Perwira Tinggi

2 min read

Metama, Jakarta : Pada Bulan September 2018 lalu Markas Besar (Mabes) TNI melakukan rotasi jabatan terhadap 116 perwira tingginya.

Jabatan Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla), Rektor Universitas Pertahanan (Unhan), Wakil  Kepala  Staf Angkatan Laut (Wakasal), Pangdam XVII/Cendrawasih dan posisi-posisi  lainnya  kini  ditempati  oleh jenderal baru. “Benar, ada mutasi,” ungkap  Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Mayjen TNI Santos G Matondang kepada media.

Matondang  menjelaskan,  mutasi  jabatan  di lingkungan  TNI dilakukan untuk memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karir perwira tinggi TNI. Selain itu, mutasi jabatan ini juga dilakukan dalam rangka mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin  kompleks dan dinamis.

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI No. Kep/953/IX/2018 yang ditandatangani pada 24 September lalu itu, ada 116 perwira tinggi yang dirotasi jabatannya. Ada 11 perwira tinggi di antaranya yang dirotasi untuk persiapan menjelang masa pensiun mereka tiba. Laksdya TNI Achmad Taufiqoerrochman yang sebelumnya menjadi Wakasal dirotasi untuk mengisi posisi Kabakamla. Penggantinya sebagai orang nomor dua di Angkatan Laut (AL) adalah Laksda TNI Wuspo Lukito  yang sebelumnya menjabat sebagai Gubernur AAL.

Unhan kini memiliki rektor baru, yakni Mayjen TNI Tri Legiono yang sebelumnya menjabat  sebagai  Dekan Fakultas Strategi Pertahanan Unhan. Gubernur Akmil juga akan diisi pejabat baru, yakni Brigjen TNI Dudung Abdurachman.

Mayjen TNI Agus Surya Bakti akan mengisi posisi Sekretaris Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan yang sebelumnya diisi oleh Letjen TNI Yoedhi Swastono. Untuk  posisi Pangdam XVII/Cendrawasih, yang semula diisi oleh Mayjen TNI George Elnadus Supit, kini digantikan oleh Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring.

Posisi Panglima Komando Operasi Angkatan Udara (Pangkoopsau) I kini diisi oleh Marsda  TNI  Fadjar Prasetyo. Pangkoopsau II juga akan diisi pejabat baru, yakni Marsma TNI Henri Alfiandi. demikian juga dengan Panglima Komando Armada II yang akan diisi oleh Laksda TNI Mintoro Yulianto. (Red/F)

Baca Juga :  Djarot: Soal Lem Aibon, Kalau Tak Disengaja, Bodoh Banget