Satlantas Polresta Manado : Pelayanan Sistem Online "Cegah Calo Dalam Pengurusan SIM" - METROBRATA UTAMA    

METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

Satlantas Polresta Manado : Pelayanan Sistem Online “Cegah Calo Dalam Pengurusan SIM”

1 min read

Metama, Manado (Sulut) : Kasatlantas Polresta Manado melalui Kanit Regident (Registrasi dan Identifikasi)  Satlantas  Polresta Manado Iptu. Awaludin Puhi  menyampaikan  dalam  pengurusan  SIM Kendaraan  bermotor  saat ini sudah tergolong cepat karena selain  dengan manual, bisa juga dengan cara Online.

Hal ini dikatakan Iptu. Awaludin Puhi selaku Kanit Regident (Registrasi dan Identifikasi) Satlantas Polresta Manado, Kamis (27/9) siang diruang kerjanya. “ Untuk  mekanisme sudah sistem online. Olehnya,  masyarakat tidak harus kesana kemari,  sebab namanya sudah konek dengan e-KTP. Sehingga, cepat selesai dan mudah,” ujar mantan Kapolsek Siau Timur yang pada tahun 2017 lalu mendapat penghargaan sebagai Polsek terbaik se-jajaran Polres Sangihe.

Dirinya menambahkan, tujuan pendaftaran secara online agar ada kemudahan bagi masyarakat dan meminimalisir calo .“ Ini untuk meminimalisir calo. Sedangkan bagi masyarakat yang belum mengerti sistem online, bisa datang langsung karena ada loket manual untuk pendaftaran,” bebernya.

Selain itu, bagi masyarakat yang ingin memperpanjang SIM, bisa membawa berkas foto copy e-KTP  dan  selanjutnya  menunjukkan e-KTP asli.“ Lampirkan juga SIM yang masih berlaku dan setelah itu semua berkas dimasukkan ke petugas loket,” tutupnya. (Oksi/Resa)

Baca Juga :  Polri Temukan 8 Kasus Penyelewengan Bantuan Covid