Jatanras Polda Kaltim Dan Polresta Balikpapan Tangkap Pelaku Pembunuhan Pasutri - METROBRATA UTAMA    

METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

Jatanras Polda Kaltim Dan Polresta Balikpapan Tangkap Pelaku Pembunuhan Pasutri

3 min read

Metama, Balikpapan (Kaltim)  Keberhasilan Polda Kalimantan Timur dan Polresta Balikpapan berhasil mengungkap kasus pembunuhan Sepasang  suami – istri  yang diketahui bernama Irwanto (47  dan Sunarsi (41)  yang  tinggal di kawasan Straat 6 RT 47, Gunung  Samarinda, Balikpapan Utara, tersebut ditemukan  tewas  dalam kondisi mengenaskan, Senin (17/8) siang. Salah seorang saksi menemukan Wanto dalam kondisi terlentang dan sudah meninggal di jok belakang  mobil  Cerry merah yang parkir di depan rumah.

Para Pelaku Pembunuhan berhasil di tangkap oleh tim gabungan

Sementara istri Irwanto ditemukan warga tak bernyawa di dalam rumah. Sunarsi  (42) korban  ditemukan tewas tengkurap di tempat tidur. ” Dari hasil olah TKP di rumah korban.  Mereka (korban) mengalami luka bekas bekapan di mulutnya. Saat ini masih dipastikan, visum di rumah sakit,” kata Kasubdit Jatanras Polda Kaltim, Kompol Yohanes, Senin (17/9/2018).

Saat dievakuasi penyidik kepolisian dari Polres Balikpapan melakukan pemeriksaan badan korban. Tampak luka jerat di kedua leher korban. Diduga pelaku menghabisi nyawa korban dengan cara  mencekik  atau  menjeratnya.”Ada luka jeratan di bagian leher korban,” kata Waka Polres Balikpapan Kompol Anas di lokasi kejadian (TKP) pembunuhan, Jalan Straat 6 RT 47, Balikpapan Utara.

Dari  informasi  yang dihimpun, mobil yang dibawa terduga pelaku ditemukan di kawasan Samboja, Kukar. Namun kendaraan roda 4 tersebut, tak berawak alias kosong. Mobil Toyota  Fortuner  dengan nomor polisi KT 12 AY tersebut ditinggal terduga pelaku di pinggir jalan. Polisi yang datang ke TKP usai dapat laporan warga sempat mendobrak pintu rumah. Di dalam rumah ditemukan jasad perempuan tak bernyawa, yang belakangan diketahui istri korban yang ditemukan tewas luar rumah. “Korban perempuan  ditemukan  setelah  korban pertama suaminya. Didobrak sempat oleh anggota (pintu rumah),” tutur Anas.

Baca Juga :  Pakar Hukum: Ninmedia Tak Bisa Dipidana Pakai UU ITE

Usai melakukan olah TKP, tim Polres Balikpapan dibantu Tim Jatanras Polda Kaltim langsung menelusuri keberadaan pelaku. Kasubdit Jatanras Polda Kaltim Kompol Yohanes  memimpin  langsung  pengejaran pelaku.  Dari informasi awal, identitas terduga pelaku sudah dikantongi. Saat disinggung apakah pembunuhan  tersebut dilatarbelakangi perampokan, pihaknya enggan berspekulasi terlalu jauh. “Pada prinsipnya masih kita dalami dan kembangkan. Sabar, ya,” tutur Kompol Yohanes.

Pengejaran Tim Gabungan Jatanras Polda Kaltim, Polres Balikpapan, dan Polsek Balikpapan  Utara tak sia-sia. Belum lewat sehari, pelaku pembunuhan pasutri tertangkap. “Dua orang terduga pelaku kami amankan di salah satu desa di kawasan Samboja,” ujar Direskrimum Polda Kaltim Kombes Pol Andhi Triastanto melalui Kasubdit Jatanras Kompol Yohanes, Senin (17/9) sekitar 20.05 Wita.

Kedua  orang terduga pelaku diamankan di Desa Karya Jaya, Samboja Kutai Kartanegara.  ” Mereka  bersembunyi di salah satu rumah keluarga,” tuturnya. Belakangan diketahui, kedua terduga pelaku tersebut berinisial IP (23) dan US (49). Mereka saat ini tengah dibawa menuju Polda Kaltim untuk pemeriksaan lebih lanjut. “Langsung kita bawa ke kantor, untuk diproses lebih lanjut,” tuturnya.

 Satu Pelaku di Manggar

Usai  menangkap  dua  pelaku  pembunahan  pasutri, Irwanto dan Sunarsi, Tim Gabungan Jatanras Polda Kaltim dan Polres Balikpapan kembali menangkap seorang pelaku. Berinisial  M alias Mimin. Ia ditangkap di Perumahan Graha Mulawarman, Blok D, Manggar, Balikpapan  Timur. ” Kami tangkap tersangka satu pelaku lagi. Dia ini anak buah atau pekerja dari dua tersangka yang sebelumnya ditangkap di Samboja,” ujar Kompol Yohanes  didampingi  Kasat Reskrim  Polres Balikpapan AKP Makhfud  Hidayat di lokasi  penangkapan.

Selain menangkap pelaku ketiga, penyelidik Polda Kaltim juga menemukan alat pembunuh korban, yakni seutas tali jemuran warna biru. Tali tersebut ditemukan di selokan  depan  rumah  kontrakan  pelaku. Untuk  diketahui, dua pelaku yang ditangkap di Desa Karya Jaya Samboja, berinisial IP (23) dan US (49) merupakan ayah dan anak. Sementara tersangka ketiga,  M merupakan pekerja alias anak buah dari IP dan US. Masih  belum  diketahui  motif berikut peran tersangka melakukan pembunuhan  “Sabar ya. Masih didalami rekan-rekan kepolisian,” tandasnya. (JS/MH)

Baca Juga :  Ditreskoba Polda Kalsel, Amankan Sabu 26 Paket Sabu Siap Edar

Berlangganan