METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

TERSANGKA LAPAS MANADO KENDALIKAN JARINGAN NARKOBA

3 min read

Metama,Bitung (Sulut) : Peredaran narkoba diwilayah Kota Bitung (Sulut) diduga dikendalikan dalam lembaga Pemasyarakatan Manado oleh oknum narapidana, upaya mengungkap jaringan peredaran barang haram tersebut Satuan Reserse narkoba bekerjasama dengan Lapas Manado.  Yang dipimpin langsung oleh kasatreskoba Polres Bitung AKP Frelly Sumampauw bersama anggotanya. Kanitreskoba Bripka Matineta .

Penangkapan dilakukan dibeberapa tempat mengingat tkp berada dibeberapa tempat sehingga pada hari yang sama (13/10/2018) Satreskoba berhasil menangkap beberapa pelaku yang diamankan.Pelaku yang berhasil ditangkap seorang wanita berinisial PT alias IKHA, berusia 23 tahun bertempat tinggal di perumahan Griya Paniki Manado.

Selanjutnya penangkapan juga dilakukan oleh Tim Laba-laba yang sedang melakukan penyelidikan dengan pola Under Cover Buy dengan pola petugas menyaru sebagai pembeli dan barang berupa narkotika sejenis Sabu-sabu, selanjutnya pesanan akan diserahkan langsung oleh pelaku kepada pembeli, ternyata pelaku menghubungi pihak pemesan barang tersebut dengan mengatakan bahwa barang yang dipesan sudah dijatuhkan disekitar komplek tempat pembuangan sampah sesuai arahan dari pelaku,alhasil tim berhasil menemukan barang berupa sabu yang sudah dikemas dalam botol Shampoo merk (Pantene), berdasarkan  informasi yang didapat oleh tim bahwa pelaku berusaha kabur melalui jalur laut dengan naik kapal Labobar jurusan papua, akhirnya tim berhasil menangkap pelaku, saat diinterograsi oleh petugas pelaku mengaku bahwa barang haram tersebut diperoleh atau barang tersebut milik BM alias Billy.

Selanjutnya  , Tim Opsnal  berhasil menangkap pelaku berinisial  BM alias BILLY,  26 tahun,  di Jl. Pumorow Teling kota Manado. pengakuan pelaku  BILLY, Tim mengembangkan  peredaran narkoba dan juga menangkap pelaku lain berinisila  RT alias RICKO alias CESPER  ternyaa seorang Residivis kasus Narkoba. Dari  pengakuan  dan  bukti  yang  ada dapat oleh Tim diduga barang berupa 1 gr Narkotik  Jenis Sabu-sabu yang  di beli  dari RICKO  melalui  “ ROCKY HAMBER”  seorang narapidana narkoba  yang  sedang menjalani masa hukuman di LAPAS Tuminting.

Baca Juga :  Asah Kemampuan Prajuritnya, Komandan Denma Koarmada II Laksanakan Binlat Menembak

Tim I  Opsnal  Laba – laba yang juga  dipimpin  oleh IPDA Petrus  Katiandago juga menangkap  pelaku yang juga sebagai jaringannya  berinisial FDI  alias RAYEN alias Vicky Papua , berusia 35 Tahun, pekerjaan sebagai Ojek, bertempat tinggal di TMP Sorong ( Usw Manado Bahu). Kasat  Reskoba  bersama Anggota  juga melakukan  penyelidikan dan Peredaran Narkoba di atas Km. Labobar  berdasarkan  informasi  dari Informan bahwa yang  ada  seorang laki laki  hendak berangkat ke Sorong dengan  membawa Sabu  yang  juga adalah anak buah  dari  FNT alias  FALEN  (Napi  LPTuminting yg sedang jalani hukuman), Saat itu  Barang  Bukti  Nakoba  yang  disimpan  didepan ATM Bank BRI pos 4 Pelabuhan Samudra Bitung di temukan polisi ,  Dari penyelidikan lanjut, Polres Bitung  melakukan koordinasi dengan  Direktorat Resnarkoba  Polda Sulut  dan  BNN Propinsi Sulut juga melalukan koordinasi dengan Kepala Lapas Tuminting   Sucipto,

Pada hari Senin (15/X/2018)  narapidana atasnama  Falen Tolok  alias Falen Sorong, umur  37 tahun,  diiterogasi oleh Tim  Polres Bitung untuk  kepentingan pengembangan kasus, dari  keterangan  saksi dan bukti  yang ada serta pengakuannya sendiri, diduga kuat  Peredaran / jual beli Narkoba Jenis  Sabu  tersebut  dilakukan oleh FALEN  dengan melibatkan kaki tangan yaitu VICKY RAYEN (sdh diamankan dan) RENDY Residivist Kasus Narkoba yang belum lama bebas. Dari hasil pengungkapan kasus sendikat narkoba Polres Bitung Polda Sulut berhasil mengamankan berupa :

Benda  Butiran warna       putih  diduga  Barang Narkotika  Jenis  Sabu-sabu  Seberat 100 gram  yang  terisi dalam  kantong  plastic  dan terbungkus dalam plastik pempers
1 Botol  Shampoo  Merk Pantene  yang berisikan  Serbuk  diduga  Narkotik Jenis Sabu
1 buah HP SAMSUNG  dengan  IMSI  No. 081244686710.  Uang  Rupiah  sejumlah Rp.200.000

Tim mengungkapkan  para pelaku dalam menajalankan aksinya atau dengan Modus Operandi sebagai berikut :  Pembeli  menstransfer dana  melalui  rekening  HP  dan  pengambilan barang diletakan pada  tempat tertentu yang  akan di ambil oleh pembeli tanpa ketemu penjualnya.

Baca Juga :  Satbinmas Polres Barito Timur : Gelar Kegiatan Focus Group Diskusi (FGD)

Tindakan Yang diambil oleh Tim yang dipimpin langsung oleh Kasatreskoba  dengan mengamankan  Pelaku dan barang Bukti untuk diproses lebih lanjut, serta memburu pelaku lain yang bernama Eping dan Rendi saat ini dalam proses penyelidikan, barang bukti  yang  diamankan dari pelaku yang bernama Ucok, penerapan pasal UU no 35/2009,  khususnya  Pasal 114 ayat (2) tentang Narkotika,  dengan ancaman pidana seumur hidup untuk Peredaran /jual beli kan barang Narkotika jenis Sabu diatas 5gram. (Resa/Marthin)