Desa Talaitad Utara : Miliki Wisata Pemandian Yang Baru - METROBRATA UTAMA    

METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

Desa Talaitad Utara : Miliki Wisata Pemandian Yang Baru

1 min read

Metama, Minsel – Guna menunjang pendapatan, serta sebagai sarana tempat permandian bagi masyarkat, pemerintah Desa Talaitat Utara, Kecamatan Suluun Tareran, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulut,  membangun Embung Desa berupa kolam wisata pemandian. 

Ditemui Metama di sekitar lokasi, Selasa (6/11/2018) Kepala Desa Talaitat Utara Nixon Rorong mengatakan, dibangunnya sarana Embung Desa tersebut selain untuk meningkatkan PAD Talaitat Utara, juga untuk menggenjot sektor pariwisata.

Adapun sumber dananya berasal dari  APBN Kementerian Desa Tertinggal dan Transmigrasi dengan jumlah Rp270 juta. Adapun keberadaan kolam wisata tersebut, juga turut membantu masyarakat yang memiliki lahan  persawahan dan kolam ikan, yang berada di sekitar lokasi tersebut. “Jadi masyarakat yang memiliki lahan yang ada di sekitar embung desa ini, bisa memanfaatkan airnya untuk pertanian padi dan kolam ikan,” ujar Rorong.

Adapun sumber airnya,  berasal dari mata air yang berada di lokasi itu “Direncanakan ke depan, air tersebut akan menjadi sarana air bersih untuk masyarakat, dengan cara menyambung pipa untyk kemudian disalurkan ke desa, ” tambah Rorong. Untuk mencapai lokasi tersebut,  para pengunjung akan menempuh jarak sekitar 1.1 km,  dari portal yang terletak di Jaga IV,  desa tersebut. Adapun Embung Desa tersebut,  berbentuk kolam wisata pemandian yang berukuran 20×10 meter,  dengan kedalaman air yang bervariasi,  mulai satu hingga tiga meter.  (Raimund)

Baca Juga :  Menkopolhukam RI : Situasi Panas Di Papua Disepakati Diakhiri