KPPBC TMP C Bitung : Musnahkan Ribuan Barang Bukti - METROBRATA UTAMA    

METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

KPPBC TMP C Bitung : Musnahkan Ribuan Barang Bukti

3 min read

Metama Bitung (Sulut) – Pemusnahan barang bukti dari hasil sitaan yang dilakukan oleh (KPPBC) TMP C Kota Bitung Sulawesi Utara, bernilai milyaran rupiah, pemusnahan barang bukti di saksikan oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sulut, Sulteng, Gorontalo dan Maluku Utara, Wakil  Walikota Bitung Ir.Maurits Mantiri, Kajari Bitung, Kapolsek KPS Bitung, Kapolres Bitung, GM Pelindo IV Bitung, Danyon Marinir Bitung dan Dansatrol Bitung, Dandim 1310 Bitung, Manager Penindakan Pelaksanaan. 

Salah satu fungsi utama Direktorat  Jenderal Bea dan Cukai adalah sebagai Community Protektor  Yaitu Melindungi  Negara dari masuknya barang-barang  berbahaya yang berpotensi untuk merugikan Negara.

Kantor pengawasan dan pelanyanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C BITUNG (KPPBC TMP C BITUNG)  Sebagai  salah satu instansi vertikal dari derektoral  Jenderal Bea dan Cukai memiliki missi sala  satunya  melakukan pengawasan secara efektif untuk melindungi masnyarakat terutama di wilayah INDONESIA Bagian Timur.

Oleh karena itu, Melalui sala satu unit seksi KPPBC TMP C Bitung yaitu seksi Penindakan dan penyidikan melakukan kegiatan pengawasan melalui Operasi Gempur yang merupakan Operasi serentak berdasarkan instruksi dari derektoral Penindakan dan Penyidikan Kantor pusat DJBC dan menghasilkan penindakan yang tersebar di wilayah Kerja KPPBC TMPC BITUNG Meliputi Kota BITUNG, Kabupaten  Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Bolaang Mongondow Selatan.

Modus  pelanggaran yang di lakukan yaitu BKC tanpa dilekati dengan pita Cukai, BKC menggunakan pita cukai bekas hingga BKC mengunakan pita cukai palsu. Barang Kena Cukai ilegal yang di peroleh dari hasil operasi kemudian menjadi Barang Milik Negara dan akan di lakukan penindakan dan penanganan berdasarkan undang-undang Nomor 11 tahun 1995 tentang Cukai sebagaimana telah di ubah dengan Undang-Undang nomor 39 tahun 2007. dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 62/PMK.04/2011 Tentang Penyelesaian Terhadap  Barang Yang Dinyatakan Tidak Dikuasai.

Baca Juga :  Kabidhumas Polda Metrojaya : Sofyan Jacob Akhirnya Bersedia Diperiksa

Barang yang di Kuasai Negara dan Barang Yang menjadi Milik Negara dan peraturan Menteri Keuangan nomor 240/PMK.06/2012 tentang Tatacara Pengelolaan Barang Mililk Negara yang berasal dari Aset Eks Kepabeanan dan Cukai yaitu salah satunya melalui Pemusnahan.

KPPBC TMP C BITUNG Melaksanakan  kegiatan pemusnahan Barang Milik Negara dari hasil Penindakan atas peredaran Barang Kena Cukai (BKC) ilegal berupa hasil tembakau (HT) ilegal dan minuman Mengandung Etil Alkohol / MMEA ( Miras) Ilegal yang di peroleh dalam kurun waktu 2016 s.d 2018, dengan Rincian barang

Sejumlah 8.296.552 Batang Hasil Tembakau berupa Rokok merek Blitz,86, Plus, Gudang Semen, Am Max, NZR Mild, Energi, Mr dj, Master, Gudang harum, Clove, Concer, Mc quen, Premium,Gess,Milenium,Nous,Brand jati,Excobar dan 26.599 Botol Minuman Mengandung Etil Alkohol / MMEA (MIRAS) Merek Kasegaran, Segaran Sari, Selera Sari,  Cassanova, Cario Rossi.

Dengan perkiraan nilai barang sebesar Rp. 4.531.467.000,- (Empat miliar lima ratus tiga puluh satu juta empat ratus enam puluh tuju ribu rupia) dan nilai kerugian Negara sebesar Rp. 3.613.939.040,- (tiga miliar enam ratus tiga belas juta sembilan ratus tiga puluh sembilan ribu empat puluh rupiah) atas nilai pungutan cukai yang seharusnya di bayar.

Kegiatan intelijen yang menghasilkan penindakan sebanyak  2  (dua) petik kemas berisi HT berupa rokok ilegal masing- masing 1 (satu) kontener  pada tanggal 29 September 2016  dengan jumlah barang 3.960.000  (tiga juta sembilan ratus enam puluh ribu)  Batang HT ilegal.  dan 1 (satu) kontener tanggal 06 juni 2017 dengan jumlah barang 4.208.000 (empat juta dua ratus delapan ribu) Batang HT ilegal serta penindakan 2 (dua) truk mengangkut MMEA dengan jumlah barang 17.808 (tuju belas ribu delapan ratus delapan) botol MMEA golongan B dan 8.016 (delapan ribu enam belas) botol MMEA golongan A.

Baca Juga :  Di Duga Melecehkan Kader PPP Widyawati Di Polisikan Di Polres Bitung

Dalam Menurut kepala kantor Bea Dan Cukai Bitung Agung Riandar kurnianto hasil penindakan KPPBC TMP C BITUNG Selanjutnya oleh kantor Wilayah Direktoral Jenderal Kekayaan Negara Sulawesi Utara. Sulawesi Tengah , Gorontalo dan Maluku Utara (Sulutenggomalut) ditetapkan seagai barang Milik Negara  dan telah di setujui untuk di musnakan.  MMEA/ Miras dan HT/Rokok di musnakan dengan cara di hancurkan menggunakan Wheel Roller.

Dan setelah itu barang bukti Yang sudah di musnahkan Akan di bawa Ke TPA (tempat pembuangan akhir) Dan Akan di timbun karena pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas lingkungan hidup tegasnya. (Resa)