METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

KPK : Ingatkan Proyek Kartu Nikah Jangan Dikorupsi

1 min read

Metama,Jakarta : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan terhadap proyek pembuatan kartu nikah yang hendak diluncurkan Kementerian Agama (Kemenag). Masyarakat diharapkan tidak salah mengartikan mengenai sorotan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan menuturkan pihaknya hanya mewaspadai akan terjadinya kasus korupsi, seperti  proyek  pembuatan  KTP-el.”Jangan salah, di media sekarang ramai dan yang saya ingin katakan jangan sampai itu (korupsi) terjadi. Orang menyamakan ini karena kebetulan ada kasus e-KTP, terus sekarang (kartu nikah) hampir sama, elektronik juga. Bukan ada potensi loh, jangan salah,” ujar.

Basaria seusai menghadiri acara Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK) yang diselenggarakan Kemenag di Hotel Safero Depok, Jumat (23/11), menjelaskan, untuk mengantisipasi  terjadinya korupsi maka dalam proses pengadaan kartu nikah  dibutuhkan  pengawasan yang ketat sejak awal.”Ini (kartu nikah) merupakan niat baik dari pak menteri untuk melakukan sesuatu agar pelayanan masyarakat semakin baik.

Tapi di dalam pelaksanaannya bisa saja ada pihak-pihak tertentu yang mencari keuntungan, nah ini yang harus dijaga,” terangnya. Oleh sebab itu, menurut dia, salah satu langkah antisipasi  terjadinya indikasi korupsi pihaknya melakukan penyuluhan dan sosialisasi di tingkat jajaran Kemenag.

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim juga mengimbau jajarannya agar tidak terjerumus pada prilaku koruptif maupun manipulatif saat mengemban tugas negara.”Saya menyadari, upaya memberantas korupsi bukanlah proses yang mudah. Korupsi harus diperangi.

Saya menolak korupsi karena korupsi menghancurkan sesama, merusak hubungan sosial sesama kita,” pungkas Lukman. (Red/F)

 

 

Baca Juga :  Menkopolhukam Wiranto: Ada Upaya Pihak yang Coba Adu Domba TNI-Polri