Berlangganan

METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

Ditlantas Polda Kaltim : Raih Terbaik E-Tilang Award 2018

2 min read

Metama, Balikpapan, (Kaltim) : Direktorat Lalu Lintas Polda Kaltim menyandang Prestasi Tingkat Nasional. Ditlantas yang  dipimpin Kombes Pol Subandriya ini meraih penghargaan terbaik bidang Penyelenggara Sistem Tilang Secara Online atau E – Tilang. 

Penghargaan  E-Tilang  langsung  diserahkan oleh Koorlantas Mabes Polri pada kegiatan Rakernis Penegakkan  dan Hukum (Gakkum) di Jakarta, bulan lalu (28/11). “Penghargaan  ini  tidak  terlepas dari dukungan Kapolda Kaltim yang selalu mengingatkan kepada seluruh personel lalu lintas Polda dan Polres memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat pengguna jalan,” kata Dirlantas Polda Kaltim Kombes Pol Subandriya kepada media.

Selain itu, peran seluruh personel Ditlantas dan Satlantas Polres jajaran tak bisa dikesampingkan. Merekalah yang selalu tampil maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat. Menurutnya, para personel di jalanlah, yang memiliki peran penting atas penghargaan ini. ” Saya berharap prestasi ini dapat dipertahankan. Kita sangat bersyukur atas penghargaan ini. Mudah-mudahan ke depan kinerja kita akan semakin meningkat,” harapnya.

Masih berhubungan dengan dunia pertilangan. Baru-baru ini Koorlantas Mabes Polri meluncurkan Sistem Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE), yakni sistem pengawasan pelanggaran lalu lintas Menggunakan kamera pengawas berupa Closed Circuit Television (CCTV).

Kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya sudah mulai diterapkan. Bagaimana di Kaltim, khususnya  Balikpapan ? Sistem tersebut sudah mulai disosialisasikan ke publik, melalui berbagai chanel oleh jajaran kepolisian. “Ini, kan baru diterapkan di Jakarta.

Sementara kami masih memperkenalkan dulu, biar nggak asing nanti kalau juga diterapkan di sini,” kata  Kasatlantas  Polres Balikpapan AKP Noordhianto, Di Kota Beriman, sebanyak 53 CCTV sudah terpasang di berbagai penjuru jalan.

Noordhianto percaya bahwa Balikpapan jadi kota yang cepat nantinya menerapkan sistem tersebut. Lantaran kota yang belakangan ini menggaungkan konsep kota ‘Smart City’, sangat bersemangat memodernisasi perangkat kota, terutama berkenaan dengan pelayanan publik. “Perangkat CCTV dari Dishub  sudah ada, lagi  dilengkapi baik Dishub Kota dan Provinsi. Tinggal perangkat, terkoneksi dengan pusat data registerasi dan identifikasi di Samsat berkaitan dengan nomor kendaraaan,” tambahnya (Red/F)

Baca Juga :  KPK Bidik Petinggi Angkasa Pura II dan PT Inti