Polres Kukar : 2018 Kejahatan Menurun, Penyelesaian Kasus Meningkat - METROBRATA UTAMA    

METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

Polres Kukar : 2018 Kejahatan Menurun, Penyelesaian Kasus Meningkat

2 min read

Metama,Tenggarong (Kaltim) : Di ujung 2018 kemarin, Polres Kukar menggelar press rilis di Mako Polres Kukar. Sejumlah laporan pengaduan kasus kejahatan dan jumlah lakalantas, tercatat mengalami penurunan. Sementara penyelesaian kasus tindak pidana korupsi (tipikor) mengalami peningkatan.

Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar didampingi wakapolres Kukar dan Kabag Ops Polres Kukar Kompol Andin Wisnu menjelaskan sejumlah data terkait penanganan kasus. Untuk kejahatan konvensional di 2017 tercatat 611 kasus. Untuk 2018 tercatat 258 kasus.

Adapun angka penyelesaian kasus untuk tahun ini sebanyak 87 persen, meningkat dibanding tahun sebelumnya sebanyak 66 persen. “Untuk tahun ini, laporan kejahatan konvensional mengalami penurunan, namun untuk penyelesaian kasus mengalami peningkatan,” ujar kapolres.

Sementara itu, penanganan kasus korupsi meningkat dari empat kasus pada 2017 menjadi lima kasus pada 2018. Untuk pengungkapan kasus narkoba pada 2017 tercatat 250 kasus menurun menjadi 230 kasus pada 2018.

Sosialisasi, menurut kapolres, gencar dilakukan untuk menekan peredaran narkoba. Terkait pelayanan publik di lingkungan Polres Kukar juga dilakukan peningkatan. Di antaranya, inovasi pelayanan publik di bidang lantas dengan menggelar remedial test pada pembuatan SIM dan coaching clinic.Adapun pada Reskrim Polres Kukar, inovasi juga dilakukan dengan pembentukan Tim Alligator.

Terbentuknya tim ini, ternyata membuat pengungkapan kasus kejahatan konvensional meningkat dibanding tahun sebelumnya.“Sosialisasi oleh petugas Bhabinkamtibmas juga dilakukan di seluruh polsek untuk menekan angka kejahatan.

Termasuk melakukan pendekatan kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungannya,” tambah Kapolres.

Kapolres berharap masyarakat bisa ikut berperan menjaga lingkungan. Termasuk saling berkoordinasi dengan petugas kepolisian. Terutama, kata dia, terkait kasus narkoba yang saat ini menjadi perhatian banyak pihak. “Untuk Kukar bahkan narkoba jenis ineks sudah beberapa kali diungkap oleh jajaran. Ini sangat mengkhawatirkan sekali dan patut kita perangi,” ungkapnya. (JS)

Baca Juga :  KPK Tetapkan Mantan Sekjen MA Tersangka Suap dan Gratifikasi

Berlangganan