METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

Asrul Sani : Irjen Idham Azis Ditantang Jadikan Bareskrim Institusi Bersih

2 min read

Metama, Jakarta : Kapolri  Jenderal  Tito Karnavian  menunjuk  Irjen  Idham  Azis sebagai Kabareskrim sangat tepat. Idham dinilai memiliki ketegasan dan cocok menjadi Kabareskrim. Tantangan Idham, menciptakan Bareskrim sebagai institusi yang bersih.”Pak Idham, dia kan tegas, yang paling penting yang harus kita tunggu adalah apakah Pak Idham nanti akan bisa dalam tanda kutip membuat Bareskrim itu dipersepsikan sebagai bagian institusi yang bersih,” ujar Wakil Ketua Komisi III Arsul Sani menilai, Jakarta Pusat, Selasa (22/1).

Sedangkan Komjen Arief Sulistyanto memang lebih cocok menjadi Kalemdiklat Polri dibandingkan Kabareskrim Polri. Arief memiliki keahlian khusus di bidang pengembangan sumber daya manusia. “Kalau saya melihatnya memang lebih bagus Pak Arief itu jadi Kalemdiklat. Karena Pak Arief itu di bidang pengembangan SDM,” kata Arsul.

Sekretaris Jenderal PPP itu mengatakan keahlian Arief di bidang SDM sudah terlihat sejak menjadi Kapolda Kalbar  sampai membenahi perekrutan saat menjadi Asistem SDM Polri. Dia contohkan, banyak yang tak bisa melakukan titip-menitip calon Akpol. “Itu dia benahi benar SDM.

Saya tidak katakan dia gagal jadi Kabareskrim tetapi dia ahlinya di situ,” ucapnya.  Arsul meyakini Arief bisa mewujudkan cita-cita Kapolri Jenderal Tito Karnavian yaitu mewujudkan misi Promoter (Profesional, Modern, Terpercaya). ” Kalau saya lihat itu lebih bagus buat mewujudkan cita cita pak Tito mewujudkan sosok polisi yang promoter,” sebut dia.

Diberitakan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian melakukan rotasi jabatan perwira tinggi di lingkungan Polri. Dalam Surat Telegram Kapolri bernomor ST/188/I/KEP./2019 tanggal 22 Januari 2019, yang ditandatangani  Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Pol Eko Indra Heri, sejumlah pati dan pamen mengalami  perubahan jabatan.

Dikutip metama.com dari salinan surat telegram, Selasa (22/1), salah satu jabatan yang mengalami rotasi adalah Kabareskrim Polri. Komjen Arief Sulistyanto yang sebelumnya menjabat Kabareskrim digeser menjadi Kalemdiklat Polri.

Baca Juga :  Pimpin Apel Pagi, Kapolres Gresik Beri Ucapan Selamat Ulang Tahun Anggota Polri Dan ASN Lahir Di Bulan Januari

Arief menggantikan Komjen Unggung Cahyono yang menempati posisi baru sebagai Kalemdiklat Polri. Sementara Komjen Lutfi Lubihanto yang sebelumnya menjabat Kalemdiklat dimutasi menjadi Pati Baintelkam dalam rangka pensiun.Untuk posisi Kabareskrim, Kapolri memilih Irjen Idham Azis yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. Sementara, jabatan Kapolda Metro akan diisi oleh Irjen Gatot Eddy Pramono yang sebelumnya menjabat Asrena Kapolri. (Red F)