METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

Begini Cara Debt Collector Tarik Unit Kendaraan Dengan Kekerasan

2 min read

Metama.Surabaya,Jawa Timur :  Beginilah cara seorang Debt Collector (Penagih Utang) terhadap Debitur sebuah perusahaan Finansial, Demi upah Rp 1 juta, para debt collector menendang dan mencekik pemilik Yamaha NMax di Surabaya. Polisi kemudian meringkus dua dari empat debt collector tersebut: Faisol (30), warga Gembong Gang Anyar dan Halim (31), warga Gembong Gang II DKA, Kelurahan Kapasari Kecamatan GentengSurabaya.

Faisol dan Halim mengaku memilki nama-nama dan plat nomor kendaraan yang tengah bermasalah dengan kredit.”Baru satu kali ini (pakai kekerasan), saya dikasih uang Rp 1 juta. Saya khilaf, Pak,” kata Faisol.

Mereka kemudian merencanakan penarikan kepada pemilik motor NMax yang sudah dibuntutinya hingga ke arah jalan Ir Soekarno.  Sesampainya di lokasi, korban justru dipukul dan dicekik.  Sementara motor miliknya dibawa kabur.”Ada enam motor yang kami sita,” kata Sudamiran.

Polisi mengimbau masyarakat melaporkan jika mendapat perlakukan kasar oleh debt collector. “Sebenarnya debt collector itu apabila menariknya dengan cara baik, tidak kekerasan, sah-sah saja,” kata AKBP Sudamiran.

Cara kekerasan digunakan empat debt collector untuk menarik paksa motor kreditur yang sedang menunggak. dari empat debt collector freelance, Faisol dan Halim, warga G ini mengaku memilki nama-nama dan plat nomer kendaraan yang tengah bermasalah dengan kredit.”Baru satu kali ini (pakai kekerasan), saya dikasih uang Rp 1 juta. Saya khilaf pak,” kata Faisol.

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran mengatakan dari pekerjaannya itu tersangka memegang data-data di laptop berisi nama-nama pemilik motor menunggak.Mereka kemudian merencanakan penarikan kepada pemilik motor NMax yang sudah dibuntutinya hingga ke arah jalan Ir Soekarno.Sesampainya di lokasi, korban justru dipukul dan dicekik. Sementara motor miliknya dibawa kabur.”Ada sekitar enam motor yang kami sita,” kata Sudamiran. (Chan/Kevin)

Baca Juga :  Kapolres Minsel : Himbau Pilhut "Masyarakat Untuk Ciptakan Situasi Aman Dan Nayaman"