METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

Peledak Jenis Mortir Ditemukan Di Danowudu

2 min read

Metama Bitung-Pada hari Kamis tanggal 28 Februari 2019 pukul 09.50 wita telah diamankan Bahan Peledak Jenis Mortir di Lokasi Galian Pasir Kelurahan Danowudu Kec. Ranowulu Kota Bitung.
Bermula dari saksi Oktavianus Manosso, laki-laki, 27 Tahun, Agama kristen, Alamat Manembo-nembo Tengah Kecamatan Matuari Kota Bitung, Menjelaskan Pada hari rabu tanggal 27 Februari 2019 Sekitar pukul 14.00 wita pada saat saksi sementara melaksanakan pekerjaan menggali pasir di lokasi penggalian Pasir di Kelurahan  Danowudu Kecamatan Ranowulu Kota Bitung, milik Yoppie Saribe dengan menggunakan alat cangkul dan sekop saksi melihat ada barang mencurigakan yang melekat dengan tanah dan setelah saksi melihat lebih dekat ternyata itu adalah bahan peledak jenis mortir.

pada saat itu juga bahan peledak jenis mortir tersebut langsung dibawah oleh saksi ke Pos depan untuk diamankan dan saksi langsung melaporkan ke polsek Ranowulu. 

Pada pukul 11.00 wita  unit satuan intelkam Polres Bitung dan Polsek Ranowulu tiba di TKP dan langsung mengamankan mortir tersebut dan langsung berkoordinasi dengan Jibom Gegana Sat Brimobda Polda Sulut.

Berselang beberapa jam kemudian Pada pukul 15.45 wita Kabag Ops Polres Bitung Kompol Makfud dan Kapolsek Ranowulu IPTU Wayan Budiartha berserta 1 (satu) unit  anggota Jibom Gegana Sat Brimobda Polda Sulut yang dipimpin langsung oleh AIPDA Mashanafi tiba di Lokasi Penemuan Mortir.

Dan Pada pukul 16.00 wita Tim Jibom Gegana mulai melakukan Evakuasi dan pengamanan mortir tersebut adapun tindakan dari tim Jibom adalah mortir tersebut  dimasukkan dalam bom blangket dan diamankan dalam bombin untuk di bawa ke markas brimobda untuk di ledakan.

Berdasarkan keterangan dari salah satu anggota Tim Jibom Gegana Sat Brimobda  Polda Sulut bahwa mortir tersebut adalah Bom Militer Jenis Mortir berukuran panjang 60.mm.(marthin).

Baca Juga :  HM Masih Bebas, KPK Kesulitan Menangkap?