METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

Kapolri : Ingatkan Anggota Jaga Netralitas Polri Di Pemilu 2019

1 min read

Metama,Jakarta : Pernyataan Kapolri Jenderal Tito Karnavian kepada seluruh jajarannya untuk bersikap Netral dalam menghadapi Pesta demokrasi Pemilihan Umum Pilpres maupun Pileg Tahun 2019, dalam pernyataan tersebut kapolri Jenderal Pol.Tito Karnavian mengeluarkan surat telegram (TR) perihal netralitas anggotanya dalam Pemilu 2019. Dalam TR tertanggal 18 Maret dan bernomor STR/126/III/Ops. 1.1.1/2019 itu berisikan 14 poin.

Di antaranya meminta seluruh anggota bersikap netral dalam demokrasi ini. Karo Penmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo membenarkan adanya TR itu. Menurutnya, hal itu merupakan sikap tegas Polri yang netral dalam  pemilu  ini. “Ada beberapa TR yang sifatnya mengingatkan agar seluruh anggota Polri menjaga netralitas dalam kontestasi pemilu,” katanya Kapolri yang dirilis oleh media, Minggu (24/3).

Katanya, selain netral Polri juga berpegang teguh untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam pemilu ini. “Mabes Polri selalu memberikan arahan ke anggota Polri untuk terus menjaga netralitas dalam setiap pentahapan pemilu, termasuk pada pelaksanaan kampanye terbuka pada 24 Maret sampai 13 April.

Serta tahapan-tahapan lainnya. Bersama seluruh komponen mewujudkan pemilu yang aman, damai, dan sejuk,” ujarnya. Dalam hal ini, anggota yang ketahuan terlibat dalam berpolitik akan diberikan sanksi tegas. Namun, hal itu melalui tahapan sesuai peraturan.”Ya nanti Propam baik tingkat Polda dan Mabes yang akan memproses,” pungkasnya.  (Red F/S-mdk)

Baca Juga :  PDIP Berencana Laporkan Tindakan KPK Ke Dewan Pengawas