METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

Presiden Jokowidodo Resmikan MRT Di Jakarta Pemprop DKI & DPRD Tetapkan Tarif MRT

3 min read

Metama,Jakarta : Pasca peresmian Kereta Moda Terpadu (MRT) oleh Presiden Jokowidodo, Pemprop DKI dan DPRD DKI Jakarta akhirnya menyetujui penetapan tarif kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan rata-rata Rp 8.500.

Kesepakatan itu terjadi setelah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan komunikasi bersama Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi. “Alhamdulillah tadi kita mendiskusikan bersama di ruang Pak Ketua DPRD dan seperti disampaikan bahwa MRT ini moda transportasi yang baru di Indonesia,” kata Anies di gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (26/3/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan, bersama Prasetio juga telah menyepakati tarif per 10 kilometer sebesar Rp 10 ribu. Dia menjelaskan, perhitungan tarif didasarkan pada jarak antarstasiun MRT. Sehingga penumpang akan dikenakan tarif yang berbeda berdasarkan stasiun kedatangan dan tujuan.Dalam tabel yang ditunjukkan Anies tarif dari Lebak Bulus-Fatmawati senilai Rp 4 ribu, sementara dari Lebak Bulus-Cipete Raya sebesar Rp 5 ribu.”Jadi kalau ditanya berapa tarif¬†MRT, lah Anda mau naik dari mana, tujuannya ke mana dari situ keluar tarifnya,” ucap Anies.

Sementara itu, untuk tarif Light Rail Transit (LRT) Jakarta, Prasetio menyatakan tetap dan tidak berubah yakni flat sebesar Rp 5 ribu dari Kelapa Gading-Velodrome.

Berikut rincian tarif MRT bila perjalanan dari Lebak Bulus ke Bundaran HI:

– Lebak Bulus-Fatmawati: Rp 4 ribu

– Lebak Bulus-Cipete Raya: Rp 5 ribu

– Lebak Bulus-Haji Nawi: Rp 6 ribu

– Lebak Bulus-Blok A: Rp 7 ribu

– Lebak Bulus-Blok M: Rp 8 ribu

– Lebak Bulus-ASEAN: Rp 9 ribu

– Lebak Bulus-Senayan: Rp 10 ribu

– Lebak Bulus-Istora: Rp 11 ribu

– Lebak Bulus-Bendungan Hilir: Rp 12 ribu

– Lebak Bulus-Setiabudi: Rp 13 ribu

Baca Juga :  Gus Yani Siap Bangkitkan Gresik United (GU) Agar Sepak Bola Gresik Kembali Jaya

– Lebak Bulus-Dukuh Atas: Rp 14 ribu

– Lebak Bulus-Bundaran HI: Rp 14 ribu

Hanya saja, daftar ini jauh berbeda dari keterangan sehari sebelumnya. Pada Senin 25 Maret 2019, DPRD DKI Jakarta telah menyepakati tarif dari kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta sebesar Rp 8.500, sedangkan LRT Jakarta Rp 5.000.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakan, tarif yang ditetapkan pun rata-rata dari rute yang ada, yakni MRT Jakarta rute Lebak Bulus-Bundaran HI dan LRT Jakarta rute Kelapa Gading-Velodrome.

“Ini saya langsung mengambil satu keputusan kita ambil jalan tengah yaitu nominal Rp 8.500. LRT Rp 5.000, setuju?” tanya Prasetyo yang dijawab ‘Setuju’ oleh anggota DPRD DKI,” kata Prasetio di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin kemarin. Namun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa tarif MRT yang diputuskan pada Senin kemarin itu masih terus dilakuan pembahasan hingga diterbitkannya Keputusan Gubernur atau Kepgub. Dia menyebut Kepgub soal tarif tersebut saat ini masih proses pembahasan.”Kemarin memang dewan sudah bersidang dan kita terus membahasnya sampai nanti ditetapkan lewat Kepgub,” kata Anies di kantor Wali Kota Jakarta Barat, Selasa (26/3/2019).Selain itu dia juga menyatakan, keputusan saat ini nantinya akan menjadi acuan dalam penentuan perubahan tarif di beberapa tahun yang akan datang. Sehingga dia menginginkan penentuan tarif MRT jangan semata untuk kepuasan jelang Pemilu 2019, tetapi untuk jangka panjang.”Itu sebabnya putusan sekarang itu keputusan strategis jangka panjang. Kebetulan diselenggarakannya tiga minggu sebelum Pemilu (17 April 2019) tapi jangan pengambilan keputusannya karena mau Pemilu,” ucapnya.

Anies menyebut penetapan hingga jangka panjang itu dapat terlihat dari keputusan tarif bus Transjakarta yang tidak berubah sejak 2004, yakni Rp 3.500.Karena hal itu, dia berencana membahasa kembali penetapan tarif bersama DPRD DKI Jakarta. Anies berharap nantinya masyarakat dapat membandingkan besaran tarif MRT yang dikelaurkan setiap menggunakan moda transportasi publik dengan yang lain.”Kemarin biaya ojek sudah ditetapkan ya? Rp 2000? Bayangkan naik ojek dari Bunderan HI sampai Lebak Bulus itu Rp 30 ribu lebih sekarang. Kita ingin lebih murah supaya orang mau naik kendaraan umum,” jelasnya.Kini, tarif yang rinci perjalanan antarstasiun MRT sudah keluar dan akan mulai berlaku 1 April mendatang. (Red F/S-lip6)

Baca Juga :  Kasi Intel Kejari Bitung Tegur Dinas Pariwisata