"Tuntut" Belum Di Bebaskan Kelompok Tani Harapan Desa "Portal" Lahan PT.KSS - METROBRATA UTAMA    

METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

“Tuntut” Belum Di Bebaskan Kelompok Tani Harapan Desa “Portal” Lahan PT.KSS

2 min read

Metama,Kuala Kapuas (Kalteng)  :  Konflik penyerobotan lahan masyarakat yang kerap kali terjadi kepada masyarakat  dengan perusahaan sawit di Kalimantan Tengah  masih terus terjadi, Sengketa lahan masyarakat yang diduga sampai saat ini belum diselesaikan antara PT Kapuas Sawit Sejahtera (PT KSS) diduga menguasai lahan warga di Desa Pantai, Kecamatan Kapuas Barat.

Sengketa lahan antara warga dengan perusahaan  berlarut – larut  tanpa ada penyelesaian. Kesabaran warga pun mulai terkikis. Masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani akhirnya memportal lahan sengketa itu, Minggu (21/4). ” Kami Kelompok Tani Harapan, Desa Pantai, Kecamatan Kapuas Barat mengadakan pemortalan  total di area  lahan pembibitan yang selama ini disalahgunakan oleh PT KSS,” ungkap koordinator lapangan,  Zainudin kepada wartawan.

Selain diportal dengan pagar kayu, sebuah baliho pun dipasang warga, bertuliskan;  Selesaikan Kasus Kelompok Tani Harapan dan  Sengketa  Lahan  Warga  Desa Pantai. Menurut Zainudin, pemblokiran atau pemortalan lahan oleh kelompok tani itu bermaksud agar ada tanggapan dari PT KSS untuk menyelesaikan permasalahan yang selama ini terjadi dengan kelompok tani. Bahkan, sebutnya, perusahaan yang sama memiliki sengketa lahan dengan warga di tiga desa.

“Ini masalah lahan warga kami yang tergarap oleh PT KSS tanpa ada ganti rugi,” jelasnya.Zainudin mengakui, sebelumnya sudah digelar rembuk warga. Dari musyawarah tersebut menghasilkan keputusan untuk memortal lokasi sengketa, dengan harapan agar perusahaan memberi respons untuk penyelesaian masalah. Warga menilai bahwa perusahaan tak memiliki iktikad untuk menyelesaikan masalah lahan tersebut.

“Kalau tidak diselesaikan, maka kami akan desak pemerintah mencabut izin perusahaan. Kami akan usir PT KSS dari Kapuas Barat,” tutupnya. (Iron)