Kabidhumas Polda Kaltim: Penyidik Polres Balikpapan : “ Tunggu Hasil Audit BPKP ” - METROBRATA UTAMA    

METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

Kabidhumas Polda Kaltim: Penyidik Polres Balikpapan : “ Tunggu Hasil Audit BPKP ”

1 min read

Penyelidikan Dugaan Korupsi Dana Hibah Senilai Rp 1,5 miliar dan Dugaan Korupsi  Pengadaan  Lahan Di  Teritip, Balikpapan Timur senilai Rp 4 miliar

Metama.com,Balikpapan (Kaltim) : Penyelidikan dugaan korupsi dana hibah senilai Rp 1,5 miliar mandek. Saat ini, penyidik Polres Balikpapan masih menunggu hasil audit dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)  yang  berkantor di Samarinda.

Demikian juga terkait  penyelidikan dugaan korupsi pengadaan lahan di Teritip, Balikpapan Timur senilai Rp 4 miliar.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana menuturkan, kedua perkara tadi dalam proses pengembangan dan penghimpun alat bukti. “ Kami libatkan BPKP (Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan), ” terang dia kepada media, pada Ahad (23/6) di Lapangan Merdeka.

Menurutnya, penyidik masih dalam tahap menelusuri bukti dengan mengumpulkan dokumen, dan hasil pemeriksaan audit BPKP. “ Sembari berkoordinasi dengan Pemkot Balikpapan.  

Polda  juga  memantau perkaranya,” ujarnya. Lanjut dia, Polda Kaltim akan memberikan bantuan apabila terdapat kendala. “Juga akan  ada  gelar perkara.  Tapi belum, kan masih mengumpulkan bukti dulu dan dugaan adanya kerugian negara,” jelasnya.

Diketahui, dugaan rasuah dana hibah berawal dari dana hibah  yang dikucurkan  Pemprov  Kaltim  ke  sebuah yayasan pendidikan di Balikpapan sebesar Rp 4 miliar. Diduga ada sekitar Rp 1,5 miliar yang tak jelas laporan penggunaannya, alias fiktif.

Sementara untuk pengadaan lahan di Teritip, Pemkot Balikpapan disebut-sebut mengucurkan dana hibah  Rp  6 miliar untuk keperluan pengembangan usaha kecil menengah. “Saya juga belum dapat laporan rinci karena proses lidik (penyelidikan),” ungkapnya.

(Red F/S-tbn)

Baca Juga :  Harga Ganti Rugi Lahan Belum Disepakati, Proyek Jalan Layang Bukitrawi Kalteng Dijaga Polisi