METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

HUT Polri Ke 73 : Satlantas Polresta Samarinda Gratiskan Pengurusan SIM A dan C

2 min read

Metama.com,Samarinda (Kaltim) : Dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara ke 73, Sat Lantas Polresta Samarinda gratiskan pengurusan SIM A dan C kepada seorang pemohon SIM, yang lahir pada tanggal 1 Juli dan lulus dalam proses uji teori serta uji praktek SIM.

Hari ulang tahun Bhayangkara ke 73, yang jatuh pada 1 Juli 2019 mendatang, turut diperingati oleh Satuan Polisi Lalulintas Polresta Kota Samarinda, dengan menggratiskan biaya administrasi dalam pembuatan SIM A maupun SIM C.”Iya benar.

Jadi di HUT Bhayangkara ke 73 1 Juli nanti, Sat Lantas Polresta Samarinda akan hapuskan tarif pengurusan SIM A dan C,” terang Kasat Lantas Polresta Samarinda Kompol Erick BudI. S, melalui Waka Satlantas Polresta Samarinda, AKP Creato S Gulo, Jumat (28/6/2019).

Waka Satlantas Polresta Samarinda, AKP Creato S Gulo menjelaskan, bahwa untuk pembuatan SIM gratis tersebut, hanya berlaku bagi masyarakat yang tanggal lahirnya, bertepatan dengan HUT Bhayangkara, yaitu di tanggal 1 Juli.

“Karena peringatan HUT Bhayangkara di tanggal 1 Juli, jadi gratis biaya permohonan pembuatan SIM kita berikan khusus bagi warga yang tanggal lahirnya 1 Juli,” terang Waka Satlantas Polresta Samarinda, AKP Creato S Gulo.

Selain itu ada syarat umum dalam pembuatan SIM, yaitu setiap pemohon wajib mengikuti proses ujian yang diberikan, sebelum mendapat SIM.

Dan bagi warga yang memiliki tanggal lahir sama, sebelum mendapatkan SIM gratis, harus lulus ujian terlebih dahulu.

“Kalau ada yang tanggal lahirnya sama, di tanggal 1 Juli, kita gratiskan. Tapi wajib mengikuti proses pengujiannya dulu, dan harus lulus, bila tidak SIM gratis gagal didapat,” sebut Waka Satlantas Polresta Samarinda, AKP Creato S Gulo.

Waka Satlantas Polresta Samarinda, AKP Creato S Gulo mengungkapkan, bahwa sejak hari ini pemberlakuan SIM gratis sudah berjalan, bahkan satu pemohon pembuatan SIM, berhasil mendapatkan SIM A dan SIM C gratis, setelah lulus melalui tahapan ujian SIM yang diberikan.

Baca Juga :  Kapolres Balikpapan Resmikan Rumah Pemecahan Masalah

“Ini tadi ada satu warga, atas nama Roy yang menjabat sebagai salah satu dosen Universitas Tujuhbelas Agustus Samarinda, yang ternyata lahir di tanggal 1 Juli, beliau mengajukan permohonan pembuatan SIM A dan SIM C.

Ketika kami periksa berkas permohonannya, ternyata tanggal lahirnya kebetulan tanggal 1 Juli, jadi kami tawarkan pembuatan SIM gratis, dengan syarat yang saya jelaskan tadi. Dan setelah menjalani proses ujian, pemohon mampu lulus setiap tahapan dari proses ujian, jadi kita berikan SIM A dan SIM C kepada beliau secara gratis,” paparnya.

Waka Satlantas Polresta Samarinda, AKP Creato S Gulo juga menuturkan, di tanggal 1 Juli adalah hari ulang tahun institusi kepolisian. Maka untuk memeriahkan HUT tahun ini, jajaran Satlantas Polresta Samarinda sepakat dan kompak menggunakan uang pribadi yang telah dikumpulkan, untuk membayar PNBP yang diberlaakukan bagi pemohon.

“Jadi tanggal 1 Juli itu, adalah HUT Institusi kami, jadi kami jajaran Satlantas Polres Samarinda sepakat, untuk menggunakan uang pribadi kita yang telah dikumpulkan, untuk membayar PNBP yang diberlaakukan bagi pemohon,” pungkasnya.

(Jer/Maruf/S-jp)