METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

Kapolres Balikpapan Resmikan Rumah Pemecahan Masalah

2 min read

BALIKPAPAN – Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta, bersama  Camat Balikpapan  Utara  Fahrul Razi, dan Babinsa, Bhabinkamtibmas, LPM, FKPM serta Karang Taruna Kelurahan Gunung Samarinda Baru, Kecamatan Balikpapan Utara, meresmikan kantor bersama atau disebut  rumah pemecahan masalah yang berada di sebelah kantor Lurah Gunung Samarinda Baru, Jumat (28/6/2019).

Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta mengatakan, kantor bersama yang megah ini, bisa menjadi motivasi bagi wilayah lain,  sehingga di kecamatan atau kelurahan, masing-masing memiliki satu kantor sinergitas seperti ini.

“Ini merupakan  bentuk sinergitas kita, antara Polri, TNI, dan masyarakat. Sekecil apa pun masalah diselesaikan di sini. Hari ini kita lakukan dua kegiatan, pertama di Kelurahan Graha Indah, meresmikan kantor bersama juga, kedua di sini” kata Kapolres Balikpapan.

Disampaikan Wiwin Firta, bahwa di Kelurahan Gunung Samarinda Baru, diresmikan kantor bersama LKPM, LPM, dan Karang Taruna.

“Artinya inilah bentuk sinergitas kita, dari aparat kepolisian, TNI, dan potensi yang ada di masyarakat. Kami ucapkan terima kasih Pak Camat dan jajarannya yang telah berinisiatif.

Di mana masyarakat juga yang mengibahkan untuk berdirinya kantor bersama ini,” ujarnya. Ia menjelaskan, di kantor ini bisa digunakan bersama-sama untuk rumah pemecahan masalah.

Artinya masalah-masalah yang ada di daerah sekecil apapun diselesaikan dalam rembuk bersama, sampai tuntas sehingga masalah ini tidak berkembang menjadi konflik sosial.

“Kantor ini tempat masyarakat mengadu dan sebagainya. Masalah-masalah yang ada mulai dari tingkat RT, dan kelurahan bisa diselesaikan di sini.

Sekali lagi rumah ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan bentuk partisipasi peran aktif masyarakat bersama dengan Kepolisian dan membantu tugas kepolisian dalam rangka menciptakan kondisi aman dan kondusif,” katanya

Baca Juga :  Penyidik : Penahanan Eggi Sudjana Diperpanjang 40 Hari

Sementara itu, Fahrul Razi Camat Balikpapan Utara menjelaskan, sudah menjadi tugas  sebagai fasilitator, melihat potensi masyarakat yang ada di kecamatan,  LPM, FKPM yang sangat bersemangat.

“Jadi kita fasilitasi dengan menyiapkan ruangannya supaya mereka itu nyaman. Untuk yang kecamatan Balikpapan Utara ada dua kantor, sebenarnya ada tiga dua di wilayah Kelurahan Graha Indah dan satu di Keluruahan Gunung Samarinda Baru

Tadi diresmikan juga rumah FKPM di luar dari gedung kelurahan,” ungkapnya Tujuannya untuk mendeteksi dini dulu masalah yang ada, sehingga bisa dilakukan pencegahan dini. “Jika ada kejadian langsung dideteksi. Gedung-gedung kelurahan lama lainnya nanti kita siapkan ruangan seperti ini,” ujarnya.

(Maruf/S-JP)