METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

Karopenmas Polri : 9 Perwira Tinggi Capim KPK “Sudah Melapor LHKPN”

2 min read

Metama.com.Jakarta : Sembilan nama calon kandidat Ketua Pimpinan Komisi Pemberntasan Korupsi, yang terdiri dari para Perwira Tinggi Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Polri menegaskan bahwa perwira tinggi yang mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi calon pimpinan (capim) KPK telah menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

“Semua sudah (melaporkan LHKPN), enggak mungkin (belum melaporkan), ” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Selasa (2/7).

Menurut Dedi, semua perwira tinggi di institusi Polri pasti pernah melaporkan LHKPN. Artinya, kata Dedi, sembilan perwira tinggi yang mengikuti seleksi capim KPK pasti sudah melaporkan LHKPN.

“Seluruh petinggi minimal pernah menyampaikan LHKPN, wajib, Kepala Biro SDM, Wakapolda, wajib menyerahkan LHKPN,” tuturnya. Di sisi lain, disampaikan Dedi, sembilan perwira tinggi yang mendaftarkan diri mengikuti capim KPK telah mendapatkan surat rekomendasi.

Dedi menuturkan dengan surat rekomendasi itu perwira tinggi tersebut bisa langsung mendaftarkan diri ke Panitia Seleksi (Pansel) Capim KPK. “Sembilan orang itu sudah mendapat rekomendasi, jadi yang sembilan orang itu secara individu mereka bisa mendaftar masing-masing,” ujar Dedi.

Berdasarkan lampiran Surat Kapolri Nomor B/722/VI/KEP/2019/SSDM bertanggal 19 Juni 2019 yang ditandatangani oleh Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Eko Indra Heri diketahui ada sembilan perwira tinggi yang mendaftarkan diri.

Sembilan nama itu yakni Wakabareskrim Polri Irjen Pol Antam Novambar, Pati Bareskrim Polri Irjen Pol Dharma Pongrekun, Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri Irjen Pol Coki Manurung, Analis Kebijakan Utama Bidang Polair Baharkam Polri Irjen Pol Abdul Gofur, Pati Bareskrim Polri Brigjen Pol Muhammad Iswandi Hari, serta Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto.

Baca Juga :  Ketua YLKI : Iuran BPJS Naik Lalu Subsidi Listrik Dicabut.

Kemudian ada Karosunluhkum Divkum Polri Brigjen Pol Agung Makbul, Analis Kebijakan Utama Bidang Bindiklat Lemdiklat Polri Brigjen Pol Juansih, dan Wakapolda Kalimantan Barat Brigjen Pol Sri Handayani.

Sebelumya, Wakil Koordinator Bidang Advokasi Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Putri Kaneshia menyebut beberapa nama dari sembilan Capim KPK yang berasal dari Polri belum menyerahkan LHKPN.

Temuan itu berdasarkan hasil monitoring oleh tim koalisi yang mana KontraS menjadi bagian di dalamnya. “Masih ada beberapa (capim KPK dari Polri) yang belum menyerahkan LHKPN,” kata Putri di kantor KontraS, Jakarta, Senin (1/7).

(Red F /S-C2n)