METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

BNN Bekuk Tiga Penyelundup 50 kg Sabu dalam Jerigen di Dumai

2 min read

Metama.com, Dumai – Aparat Badan Narkotika Nasional (BNN) bekuk tiga tersangka penyelundup narkoba di Dumai, Riau. Dari penangkapan ini, sebanyak 50 bungkus narkoba jenis sabu seberat 50 kg dan 23.000 butir ekstasi yang disimpan dalam empat jerigen turut diamankan sebagai barang bukti.

Operasi penangkapan ini dilakukan BNN pada Jumat (17/5) lalu. Sebelumnya, pihak BNN melakukan penyelidikan berdasarkan informasi berharga yang didapat bahwa akan ada transaksi di kawasan Dumai, Riau.

Dari hasil penyelidikan, diketahui penyelundupan narkotika dilakukan lewat jalur laut  secara ship to ship dari Malaysia.

Saat dilakukan pengintaian, diketahui barang tersebut sudah masuk ke daratan Dumai dan ada dua tersangka tengah melakukan serah-terima barang.

“Kedua tersangka mengendarai mobil Toyota Fortuner warna putih saat akan ditangkap,” kata Deputi Pemberantasan BNN, Irjen Pol Arman Depari dalam keterangannya kepadat media pada Minggu (19/5).

“Mereka sempat berusaha mengindar hingga terjadi kejar-kejaran dan membuat petugas terpaksa melepaskan tembakan terarah ke mobil tersebut untuk menghentikan mereka,” tambahnya.

Dikatakan Arman, saat pengejaran petugas juga berusaha menutup jalan dengan kendaraan truk. Namun kedua tersangka tetap nekat dengan menabrak mobil petugas untuk melarikan diri.

“Baru setelah dilakukan tembakan terarah ke mobil aksi pelarian mereka bisa dihentikan di Jalan Raya Arifin Ahmad, Kota Dumai,” ia berujar. “Kedua pelaku yang dicokok yakni Hari (luka tembak di paha) dan Iwan (luka tembak di kaki).

Sementara barang bukti narkotika jenis sabu dan ekstasi yang disimpan dalam empat jerigen didapat saat dilakukan pemeriksaan dalam mobil,” sambungnya lagi.

Saat dilakukan interograsi, Arman meneruskan, kedua tersangka mengaku aksi mereka dikendalikan pelaku lain yang bernama Radianto.

Dan akhirnya pada Sabtu (18/5) pukul 04.00 WIB, tim BNN pun menciduk Radianto di rumahnya, kawasan Gang Jambu, Duri, Dumai, Riau.Ketiga tersangka bersama seluruh barang bukti saat ini sudah dibawa ke Gedung BNN Pusat, Cawang, Jakarta Timur, untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. (Suwoto)

Baca Juga :  Operasi Lilin Telabang 2019 Libtas Sektoral Resmi Dibuka Kapolda Kalteng