Kabut Asap Kota Palangkaraya, Polisi dan Komunitas Ojek Online Bagi-bagi Masker - METROBRATA UTAMA    

METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

Kabut Asap Kota Palangkaraya, Polisi dan Komunitas Ojek Online Bagi-bagi Masker

1 min read

Metama.com,Palangka Raya (Kalteng) : Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (26/7/2019) cukup tebal, bahkan disertai dengan bau asap yang sangat menyengat, debu kebakaran berhamburan di udara Kota Cantik.

Pengendara sepeda motor pun kini telah menggunakan masker agar tidak terhirup secara langsung asap kebakaran lahan.

Dalam melakukan pencegahan, Gubernur Kalteng menyatakan, pihaknya menggandeng lembaga adat yang ada di Kalteng untuk turut membantu dalam melakukan sosialisasi terkait larangan membuka lahan dengan cara membakar.

“Kami melibatkan berbagai lembaga adat untuk membantu dalam pencegahan kebakaran lahan,” ujar Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran.

Sementara itu, Polres Palangkaraya bersama komunitas ojek online membagikan 1000 masker gratis untuk masyarakat atau pengendara yang melewati Jalan Yos Sudarso, Kota Palangkaraya, karena kabut asap yang semakin menebal di Palangkaraya.

Kapolres Palangkaraya, AKBP Timbul RK Siregar, yang turut membagikan masker, mengatakan, pihaknya tergerak membagikan masker gratis di jalanan untuk pengendara sepeda motor dan mobil karena udara Palangkaraya tercemar kabit asap dampak kebakaran lahan, sehingga jika terlalu banyak menghirup asap akan mengakibatkan penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Dalam kesempatan itu, Kapolres juga mengimbau kepada pengendara kendaraan roda dua maupun roda empat untuk menyalakan lampu menghindari kecelakaan.

“Saya mengimbau pengguna jalan agar menyalakan lampu kendaraan di siang hari untuk menghindari kecelakaan,” kata Kapolres Palangkaraya.

(Ironnades)

Baca Juga :  Kejagung Blokir 156 Sertifikat Tanah Benny Tjokrosaputro