METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

Kasatbinmas Polres Palangka Raya : Sosialisasi Saber Pungli

2 min read

Polres Palangka Raya – Dipimpin langsung oleh Kasatbinmas AKP Junaldi kali ini sosialisasi Saber Pungli dilakukan di rumah ibu Tersiani, S.Pd. Ketua RT V RW XII, Jl. G. Obos XB, Kelurahan Menteng Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kamis (25/7/2019).

Sosialisasi yang di kemas dalam Focus Group Discussion (FGD) diikuti oleh tokoh masyarakat dan masyarakat RT V RW XII Kelurahan Menteng diisi dengan pemberian materi oleh Kasatbinmas Polres Palangka Raya AKP Junaldi bersama anggota.

Setelah pemberian tentang bagaimana cara Masyarakat dalam menciptakan kamtibmas, pencegahan Narkoba di kalangan masyarakat, paham radikalisme, saber pungli dan larangan membakar hutan dan lahan serta himbauan Tamu 1×24 jam wajib lapor dilanjutkan dengan tanya jawab.

Dalam kegiatan yang dihadiri sekitar 20 warga dan tokoh masyarakat ini Kasatbinmas mengajak warga untuk tidak melakukan pembakaran lahan saat membersihkan lahan karena bisa berakibat buruk bagi lingkungan, kesehatan dan menganggu hajat hidup orang banyak.

Kasatbinmas menerangkan bahwa akibat pembakaran lahan yang dilakukan oleh masyarakat yang tidak bertanggung jawab saat ini masyarakat Kota Palangka Raya sudah merasakan tidak nyamannya beraktivitas di luar rumah karena udara sudah mulai tercemar oleh asap akibat kebakaran lahan.

“Saya berharap sebelum kita melakukan pembakaran lahan kita gunakan hati dan perasaan kita karena perbuatan tersebut akan banyak merugikan banyak orang.

Bayangkan bagaimana rasanya bila kita atau keluarga kita mempunyai penyakit asma atau anak kecil dan udara yang kita hirup tercemar akibat ulah kita, tentu kita akan mendoakan hal buruk bagi pelakunya”, lanjut Junaldi.

Di akhir acara AKP Junaldi memberikan selembar tentang maklumat Kapolda Kalteng menyikapi semakin banyaknya kebakaran lahan di wilayah Kota Palangka Raya. Saat menyerahkan Junaldi berpesan agar masyarakat yang ikut dalam kegiatan dapat berperan aktif mensosialisasikan bahaya karhutla kepada keluarga, teman dan tetangga.

Baca Juga :  Harapan RSUD KOTA Bitung Menjadi RS Bertype B Di Sulut

(Red F/S-TBN-Kalteng)