Polsek Sebangau Kuala : Tangkap Pelaku Pembakar Lahan - METROBRATA UTAMA    

METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

Polsek Sebangau Kuala : Tangkap Pelaku Pembakar Lahan

1 min read

Metama.com.PalangkaRaya (Kalteng) : Polres Pulang Pisau – Kepolisian Sektor Sebangau Kuala jajaran Polres Pulang Pisau (Pulpis), Polda Kalteng  berhasil  menangkap satu orang diduga pelaku pembakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Pelaku ditangkap Polisi lantaran membakar lahan semak belukar, Sabtu (27/09/2019) diduga pelaku bernama Ahmat (37) yang berasal dari Kab. Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan diamankan polisi saat membuat pondok di bantaran sungai besar Sebangau Kuala untuk mencari ikan.

Kapolres Pulpis, AKBP Siswo Yuwono BPM, S.H, S.I.K melalui Kapolsek Sebangau Kuala Ipda Bimo Setuawan, S.H mengatakan, pelaku sudah diamankan di Polsek Sebangau Kuala untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

ditambahkan Kapolsek, pelaku yang  karena  kelalainya telah membuat lahan terbakar kurang lebih satu hektar. “Pada saat tim gabungan TNI, Polri dan Manggala Agni sedang melaksanakan patroli Karhutla di Jalur Sungai Besar Sebangau Kuala, tim melihat asap dari kejauhan kemudian kami datangi.

Kami menemukan pelaku dan temanya di lokasi lahan yang terbakar tersebut,” jelas Kapolsek. Mendapati kejadian itu, personel patroli gabungan Karhutla langsung melakukan pemadaman sisa pembakaran dan meminta keterangan pelaku.

“Pelaku mengakui perbuatanya karena ketidaksengajaan yang berawal dari puntung rokok dibuang di semak-semak sehingga lahan tersebut terbakar,” ungkapnya.

Kapolsek Sebangau Kuala mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan sekecil apapun karena akan dihukum penjara selama 15 tahun.

“Tentu, ini akan terus kita sampaikan melalui spanduk imbauan serta sosialisasi oleh Bhabinkamtibmas Polsek Sebakul,” tutupnya.

(Red F/S-TBN Kalteng)

Baca Juga :  KPK : OTT Bupati Talaud Bersama Lima Orang Ikut Terjaring