METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

Polres Kobar Atensi Penanganan Karhutla

1 min read

Metama.com, Kotawaringin Barat (Kalteng) : Polres Kobar (Polda Kalteng) Antisipasi bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), berbagai upaya terus dilakukan Polres Kotawaringin Barat (Kobar) salah satunya dengan arahan dan beberapa point penting yang disampaikan oleh Kapolres Kobar AKBP Arie Zulkarnain, S.I.K., M.Si. kepada seluruh Kabag, Kasat, Kasi dan Kapolsek Jajaran, Jum’at (9/8/2019) Pukul 10.00 WIB. Kegiatan arahan ini dilaksanakan di Aula Satya Haprabu Polres Kobar.

Kapolres Kobar menekankan untuk prioritaskan deteksi dini dan Bhabinkamtibmas masing-masing desa dapat lebih intens lagi melaksanakan sambang door to door serta imbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.
“Siapkan posko karhutla untuk intern yang memiliki peta rawan karhutla di daerahnya masing-masing, Unit Kecil Lapangan (UKL) harus terukur terarah dan terkendali berupa ada tim patroli, tim lidik dan gakkum, sehingga apabila ada karhutla tim langsung meluncur ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan tahu cara bertindaknya siapa berbuat apa,” Tekan Kapolres.
Berdasarkan data Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalops) Kalteng, untuk karhutla wilayah kobar memang menurun dari tahun-tahun sebelumnya, karena upaya pencegahan dan deteksi dini yang harus maksimal oleh semua anggota polres kobar. Lanjut ungkap Kapolres “ Kendaraan patroli harus stand by siap digunakan, kemudian peralatan karhutla harus di cek secara berkala sehingga apabila ada karhutla tim langsung action memadamkan api,”.

(Red F/S-TBNKH)

Baca Juga :  Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Barito Utara Di Duga "Turut Terseret Dalam Kasus Korupsi"