METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

Pemkot Tegal Terapkan Aplikasi ‘Jakwir Cetem’ Siap Antar e-KTP via Ojek Daring

2 min read

Metama.com,Tegal (jateng) : Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal meluncurkan aplikasi yang diberi nama Jakwir Cetem untuk memudahkan masyarakat mengurus dokumen administrasi kependudukan. Inovasi ini menggandeng ojek daring Grab.
Aplikasi Jakwir Cetem atau kependekan dari Aja Kosih Wira-wiri Disdukcapil Cepat dan Tepat Melayani merupakan layanan administrasi kependudukan berbasis android yang bisa diunduh melalui play store di smartphone.
Dengan aplikasi ini, masyarakat Kota Tegal tidak perlu datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk mengambil administrasi kependudukan yang sudah jadi. Namun cukup mengeklik aplikasi Jakwir Cetem dan administrasi kependudukannya akan dikirim ke rumah melalui layanan GrabExpress.
Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono mengatakan aplikasi Jakwir Cetem merupakan upaya awal dari Pemkot Tegal dalam mewujudkan smart city, meningkatkan kualitas pelayanan publik khususnya di bidang administrasi kependudukan dan efisiensi kinerja perangkat daerah di lingkungan pemkot.
“Dengan adanya aplikasi Jakwir Cetem ini, kalau administrasi kependudukannya sudah jadi, misalnya e-KTP, atau KK, akan kita telpon dan nanti ada ojek online grab yang mengantarkan ke rumah sesuai alamatnya. Jadi tidak perlu bolak-balik ke kantor Disdukcapil,” ujar Dedy saat acara peluncuran di Pendopo Ki Gede Sebayu, kompleks Balai Kota, Senin (21/10).
Dedy mengklaim, aplikasi Jakwir Cetem merupakan aplikasi pelayanan pengantaran administrasi kependudukan menggunakan ojek daring yang pertama di Indonesia. “Ini yang pertama dan satu-satunya di Indonesia,” katanya.
Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Negeri, Akhmad Sudirman Tavipiyono yang hadir dalam acara peluncuran aplikasi mengapresiasi hadirnya aplikasi Jakwir Cetem sebagai inovasi dalam pelayanan masyarakat.
“Saya sudah keliling ke kota dan kabupaten, banyak yang melakukan inovasi tapi aplikasi Jakwir Cetem ini merupakan yang pertama di Indonesia,” ucapnya.Menurut Sudirman, dengan diluncurkannya aplikasi tersebut menunjukkan Pemkot Tegal sudah melaksanakan kerja inovasi seperti arahan Presiden Jokowi dalam pidato pelantikannya di Gedung MPR, Minggu (20/10)”Sesuai tugas pemerintah, aplikasi Jakwir Cetem adalah upaya membahagiakan warga dengan inovasi.
Sesuai juga dengan pidato Presiden Jokowi, sederhanakan birokrasi dengan inovasi. Hari ini dilaksanakan di Kota Tegal,” katanya.
Dalam pandangan terpisah, Executif Director Grab Indonesia, Ongki Kurniawan mengaku senang pihaknya dilibatkan Pemkot Tegal dalam peningkatan pelayanan dokumen administrasi kependudukan.
“Tidak hanya makanan, kini dokumen administrasi kependudukan juga bisa diantar Grab. Kota Tegal pioner.
Harapannya bisa diperluas di wilayah Jawa Tengah. Ini juga bisa dikembangkan untuk pelayanan lain, seperti pajak atau pengantaran obat,” ujarnya.
(Red/WN)

Baca Juga :  HUT Polri Ke 73 : Satlantas Polresta Samarinda Gratiskan Pengurusan SIM A dan C

Berlangganan