METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

Kapolda Pimpin Upacara Laporan Kenaikan Pangkat 180 Personil Polda Sulut

2 min read

Metama.com, Manado (Sulut) Polda Sulawesi Utara melaksanakan upacara Laporan Kenaikan Pangkat (Korps Rapport) bagi anggota Polri periode 1 Januari 2020 dan PNS Polri periode 1 Oktober 2019.
Upacara dipimpin oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto, di halaman Mapolda Sulut, Selasa (31/12/2019), dihadiri oleh personil Polda Sulut dan Bhayangkari beserta keluarga personil yang mengalami kenaikan pangkat.

Berdasarkan data dari Biro SDM Polda Sulut, total keseluruhan personil yang naik pangkat sebanyak 791 orang. 180 personil diantaranya mengikuti upacara kenaikan pangkat di Mapolda Sulut sedangkan sisanya mengikuti upacara kenaikan pangkat di Satuan Kewilayahan masing-masing.

Dari total 180 anggota dan PNS Polri di lingkungan Satker Mapolda Sulut yang naik pangkat, terdiri dari 31 perwira naik pangkat reguler, 2 perwira naik pangkat pengabdian, bintara reguler 144 anggota, bintara pengabdian 1 anggota dan 2 PNS Polri golongan III untuk periode 1 Oktober 2019.

“Upacara laporan kenaikan pangkat yang diselenggarakan pada hari ini merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi saudara dalam meniti karir sebagai anggota maupun PNS Polri karena ini sebagai salah satu prestasi yang saudara peroleh di tahun ini, untuk itu pada kesempatan ini sebagai pimpinan Polda Sulut saya mengucapkan selamat atas kenaikan pangkat yang saudara raih sebagai salah satu wujud penghargaan atas prestasi kerja dan jerih payah yang telah saudara lakukan selama ini,” ucap Kapolda pada acara syukuran di aula Catur Prasetya usai pelaksanaan upacara.

Menurut Kapolda, keberhasilan ini bukan semata-mata pribadi tetapi tidak lepas dari peran dan dukungan keluarga. “Oleh karena itu syukuri hal ini, sehingga menjadikan suatu kebanggaan bagi mereka serta jaga kebanggaan keluarga dengan lebih mawas diri dan terus meningkatkan kinerja ditempat saudara bertugas,” ujar Kapolda.

Baca Juga :  Polres Minsel Gelar Rapat Kesiapan Ops Lilin 2019 Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Ada hal yang menarik pada kenaikan pangkat anggota Polri periode 1 Januari 2020 kali ini, khususnya pada golongan Bintara Polri karena dari 588 Bintara Polda Sulut yang diusulkan ke Mabes Polri, 59 bintara diantaranya mendapat percepatan masa kenaikan pangkat antara 6 bulan sampai dengan 2 tahun, yaitu 23 orang mendapat percepatan 6 bulan karena pernah mengikuti dikjur, 26 orang mendapat percepatan 1 tahun karena memiliki pendidikan serjana (S1), 9 orang mendapat percepatan 1 tahun 6 bulan karena memiliki pendidikan sarjana dan mengikuti dikjur.“Hal ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri karena bisa mendahului dari rekan-rekan lain seangkatannya,” tegas Kapolda.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, SIK juga menyampaikan selamat dan sukses bagi seluruh personil yang naik pangkat.“Kenaikan pangkat itu bukan merupakan hadiah melainkan suatu kehormatan dan penghargaan yang diberikan kepada seseorang yang mampu menunjukan prestasi dan dedikasinya sesuai tugas dan tanggung jawabnya,” kata Kabidhumas

Ia berharap kedepan bisa meningkatan kualitas diri dan pengetahuan serta kearifan bersikap dan bertindak. “Tentu bagi yang naik pangkat ini suatu yang membanggakan dan patut disyukuri bukan malah untuk bersombong diri sehingga kontraproduktif dengan makna naik pangkat itu sendiri,” tandas Kabid Humas.

(Rianto)

Berlangganan