Pastikan Kesiapan Pengamanan Pilkada, Wakapolda Jatim Lakukan Kunjungi Kerja Ke Mapolres Gresik - METROBRATA UTAMA    

METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

Pastikan Kesiapan Pengamanan Pilkada, Wakapolda Jatim Lakukan Kunjungi Kerja Ke Mapolres Gresik

2 min read

Metama.com – Gresik (Jatim) ; Bertempat di Mapolres Gresik jalan Basuki Rachmad No. 22 kelurahan Bedilan Gresik Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, S.H, S.I.K.,MM menerima Kunjungan Kerja dari Wakapolda Jatim Brigjen Pol. Slamet Hadi Supraptoyo dalam rangka pengecekkan kesiapan pengamanan Pilkada serentak Tahun 2020, Rabu (30/9/2020).

Dalam kunjungan kerjanya tersebut Wakapolda Jatim ingin memastikan kesiapan pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2020 khususnya diwilayah hukum Polres Gresik. Kunjungan kerja Wakapolda Jatim Brigjen Pol. Slamet Hadi Supraptoyo bersama PJU Polda Jatim diterima langsung oleh Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, S.H., S.I.K., M.M didampingi oleh Wakapolres Gresik Kompol Dhyno Indra Setyadi, S.I.K. beserta PJU Polres Gresik dan Kapolsek jajaran Polres Gresik di aula Parama Satwika 98 Polres Gresik.

Dalam sambutannya Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto mengucapkan selamat datang kepada Wakapolda Jatim Brigjen Pol. Slamet Hadi Supraptoyo bersama PJU Polda Jatim yang sudah hadir di Mapolres Gresik.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Gresik juga memberikan paparan tentang situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Gresik menjelang pelaksanaan Pilkada yang secara umum masih dalam kondisi aman dan kondusif. Pelaksanaan tahapan Pilkada saat ini sudah melalui 3 tahap dan saat ini sudah memasuki tahapan kampanye.

Selain itu Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto juga menjelaskan bahwa saat ini Pilkada di Kab. Gresik hanya di ikuti oleh 2 pasang calon Cabup dan Cawabup yang maju dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kab.Gresik tahun 2020-2025. Sebelumnya Polres Gresik juga telah melaksanakan Ops Yustisi, “kita sudah melakukan operasi bersama dengan 3 pilar sesuai dengan Perbub No.22 tahun 2020” tambahnya.

Dalam kerawanan kontijensi Pilkada ada 4 wilayah yang akan dilakukan penyekatan dengan di Back up oleh personel Polda maupun TNI. Untuk pengamanan di wilayah kota yang diutamakan di Kantor KPU, Kantor Bawaslu dan rumah pasangan calon.

Baca Juga :  Kapolda Jatim : Lakukan Penegakan Hukum Tegas dan Terukur Tanpa Meninggalkan Sosialisasi - Pencegahan

“Total ada 2260 personil gabungan dari Polri, TNI dan Linmas yang akan disiapkan dalam rangka pengamanan Pilkada Serentak tahun 2020 diwilayah hukum Polres Gresik” jelas Kapolres Gresik.

Sementara itu, Wakapolda Jatim Brigjen Pol.Slamet Hadi Supraptoyo mengungkapkan Pilkada tahun ini berbeda dengan Pilkada Pilkada sebelumnya karena saat ini di Negara Indonesia sedang terjadi Resesi Ekonomi dan masih dalam situasi masa pandemi covid 19. Situasi saat ini sangat berpengaruh dalam setiap tahapan Pilkada maka dalam masa kampanye tetap harus mengutamakan Protokol Kesehatan.

“Dalam hal ini Polri harus ikut berperan dalam penurunan kasus Covid-19, untuk anggota dilapangan harus jaga kesehatan kita pun beresiko tertular untuk itu tetap jaga pola hidup sehat patuhi protokol kesehatan saat bertugas semoga pandemi ini segera berlalu” jelasnya.

Wakapolda Jatim juga mengingatkan agar anggota Polri tetap menjaga Netralitas dalam pelaksanaan Pilkada, tingkatkan patroli secara intens dalam rangka menjaga menciptakan Pilkada aman, damai dan sehat.

(Chandra/Metama)

Berlangganan