Berlangganan

METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

Satreskrim Polres Gresik Bekuk Komplotan Residivis Pembobol Toko Dan SPBU

2 min read

Metama.com – Gresik (Jatim) ; Bertempat di halaman Mako Polres Gresik, Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto memimpin langsung giat ungkap kasus tindak pidana pencurian dengan pemberatan (Curat) di wilayah kab. Gresik sebagaimana diatur dalam pasal 363 ayat 2 UU Pidana dengan 3 orang pelaku yang salah satunya adalah seorang residivis, Jumat (2/10/2020)

Dalam keterangan persnya Kapolres Gresik AKBP Arief menjelaskan bahwa komplotan ini sudah melakukan pembobol toko dan SPBU di 3 TKP yang berbeda, yaitu di Counter Handphone AB yang berada di kec. Driyorejo kab. Gresik dengan nilai kerugian sebesar Rp. 60.000.000,- kemudian di SPBU 5461136 yang berada di kec. Menganti kab. Gresik dengan nilai kerugian sebesar Rp. 6.000.000,- dan yang terakhir di ALFAMART yang berada di kec. Benjeng kab. Gresik dengan nilai kerugian sebesar Rp. 100.000.000,-

Dan dari kasus ini Satreskrim Polres Gresik telah menangkap 3 orang tersangka, yaitu : LG (34 thn) warga sambikerep surabaya, AS (21 thn) warga Benowo surabaya dan GW (23 thn) warga Sambikerep surabaya yang di duga sebagai otak kejahatan dari komplotan ini.

Kasus pencurian ini sendiri dapat di ungkap berdasarkan laporan dari masyarakat pada tanggal 29 September 2020 sekitar pukul 12.30 tim buser Satreskrim Polres Gresik melakukan penyidikan terhadap informasi yang di dapat dari warga yang menyampaikan bahwa ada seseorang yang bernama GW yang menawarkan handphone berbagai merk dengan harga murah melalui akun Facebook, setelah dilakukan undercover buying dengan cara COD (Cash On Delivery) palaku GW berhasil diamankan beserta barang bukti 4 buah unit HP yang di duga di curi dari TKP Counter HP AB yang ada di kec. Driyorejo.

Baca Juga :  Kapolda Metro Jaya : Pimpin Apel Gelar Pasukan Lilin Jaya 2019 "12 Potensi Kerawan Jelang Nataru

Dari hasil pengembangan penangkapan ini tersangka mengakui telah melakukan pencurian di TKP Alfamart Benjeng dengan membawa 120 slop rokok dan juga melakukan pencurian di TKP SPBU Menganti dengan menggondol uang setoran penjualan BBM sebanyak Rp. 6.000.000,- (enam juta rupiah). Selain mengakui sudah melakukan pencurian di beberapa TKP tersangka juga mengakui bahwa dalam melakukan tindakan pencurian tersebut tersangka di bantu oleh pelaku lain yaitu LG dan AS. Selanjutnya untuk kepentingan penyidikan lebih lanjut 3 tersangka beserta barang bukti di amankan ke Mako Polres Gresik.

Kapolres juga menyampaikan bahwa Polres Gresik tidak akan mentolelir segala macam bentuk pelanggaran maupun kejahatan yang terjadi di wilayah kab. Gresik dan akan menindak pelaku dengan tegas dan terukur. Selain itu Kapolres AKBP Arief juga berharap agar masyarakat lebih berhati hati dalam menyimpan barang berharganya dan memasang CCT agar tidak menimbulkan niat serta tidak memberi kesempatan kepada pelaku untuk melakukan tindakan kejahatan.

(Chandra/Metama)