Polres Gresik Tangkap Dua Pelaku Curanmor Setelah Babak Belur Di Hajar Warga Kebomas - METROBRATA UTAMA    

METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

Polres Gresik Tangkap Dua Pelaku Curanmor Setelah Babak Belur Di Hajar Warga Kebomas

3 min read

Metama.com – Gresik (Jatim) ; Bertempat di halaman Mapolres Gresik, Jl. Basuki Rahman no. 22, Bedilan Kec.Gresik Kab. Greaik Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, S.H, S.I.K, M.M didampingi Kapolsek Kebomas KOMPOL Yulianto, S.H, M.Hum, Kasat Reskrim Polres Gresik AKP Bayu Febrianto Prayoga, S.H, S.I.K, M.I.K, Kasubag Humas Polres Gresik AKP Bambang Angkasa, S H. Saat menggelar Press Release hasil ungkap Kasus Pelaku Tindak Pidana Pencurian Kendaraan bermotor (Curanmor) jenis Honda Beat warna Putih No.Pol W 3653 AE, Senin (19/10/2020), pukul 14.30 WiB.

Tersangka bernama Ali Husman (26 thn), warga Surtikanti Gg. 02 No. 08 RT. 005 Rw. 006 Kel. Sidotopo Kec. Semampir Kota Surabaya bersama temannya Sodikin (22 thn), warga Kp. Rokem RT. 00 RW. 00 Kec. Ombes Kab. Sampang Madura, datang mengendarai Sepeda Motor Honda Genio warna Hitam, No.Pol L 5260 MH. Mereka berdua mengincar Sepeda Motor Honda Beat warna Putih No.Pol W 3653 AE yang terparkir di Halaman Rumah.
Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, S.H, S.I.K, M.M dalam Press Release mengatakan pada hari Rabu, 14 Oktober 2020, sekira pukul 02.00 WIB, Pelapor terbangun dari tidurnya dengan maksud untuk buang air kecil, kemudian pelapor mencoba untuk mengecek dan mengetahui sepeda Motor Honda Beat warna Putih No.Po| W 3653 AE miliknya, ternyata kendaraan milik pelapor sudah berpindah tempat atau bergeser dari posisi sebelumnya,”jelas Kapolres Gresik kepada Awak Media.

“Tidak lama kemudian, pelapor mendengar suara ribut-ribut diluar rumah disertai teriakan maling-maling dan ketika dilihat warga sudah menangkap (mengamankan), Dua orang pelaku yang diketahui bernama Ali Husman dan Sodikin. Ternyata perbuatan kedua pelaku tersebut diketahui oleh warga bernama Aris Prasetya dan Juniar Dwi Wardani yang kebetulan Iewat dan mengetahui ada seseorang yang berhenti dipertigaan gang sambi| duduk diatas sepeda motor seperti sedang menunggu seseorang dan ketika akan dihampiri di saat yang bersamaan datang teman pelaku keluar dari halaman rumah pelapor, karena merasa curiga saksi Aris Prasetya dan Juniar Dwi Wardani menegur dua orang pelaku dan bertanya sedang apa malam malam disini dan kedua pelaku mengatakan sedang mencari temannya bernama Firman. Wajah kedua pelaku terlihat gugup dan ketakutan dari situ saksi mulai curiga dan kedua orang pelaku bergegas naik sepeda motor untuk segera pergi namun salah satu saksi memegangi pelaku hinga terjatuh dari sepeda motor, kemudian kedua pelaku lari meninggalkan kendaraan miliknya.

Baca Juga :  Kapolda Sulut Sambangi Markas Kodam XIII/Merdeka, Bangun Sinergitas Jelang Pilkada Serentak 2020

“Masih Kata Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, S.H, S.I.K, M.M mengetahui para pelaku berusaha lari kedua saksi berteriak maling-maling dan meminta bantuan warga untuk menangkap kedua pelaku. Ketika kedua pelaku berhasil ditangkap dan di periksa oleh warga di temukan kunci leter Y yang di simpan di pinggang salah satu pelaku. Ketika warga mengetahui kedua pelaku tersebut adalah pelaku Curanmor, warga Geram kemudian menghakimi kedua orang pelaku, hingga pelaku mengakui secara terus terang perbuatannya sampai akhirnya datang petugas Polsek Kebomas kelokasi kejadian dan mengamankan kedua orang pelaku berikut dengan Barang Buktinya ke Polsek Kebomas”, jelas Kapolres

Dari kedua pelaku berhasil diamankan Barang Bukti (BB) berupa : 1 (Satu) Unit Sepeda motor Honda Beat warna Putih Nopol W 3653 AE, beserta STNK dan Kunci Kontaknya, 1 (Satu) Unit sepeda Motor Honda Genio warna Hitam, Nopol : L 5260 MH, 1 (Satu) buah Kunci Leter Y, dan (Satu) buah Mata Kunci Obeng Gepeng.
Karena perbuatannya Polisi menjerat kedua tersangka dengan Pasal 363 ayat (1) Ke 4 e KUHPidana, sesuai dengan bunyi pasal tersebut “Barang siapa dengan sengaja mengambil barang milik orang lain dengan maksut untuk dimiliki dengan melawan hak yang dilakukan oleh dua orang atau lebih”.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, S.H, S.I.K, M.M juga menghimbau kepada masyarakat khususnya wilayah Kabupaten Gresik, untuk tetap selalu waspada terhadap aksi aksi para pelaku curanmor karena ada beberapa modus operandi yang mereka lakukan. Oleh Karena itu diharapkan agar masyarakat Gresik selalu berhati hati dan waspada.” pungkas Mantan Kapolres Ponorogo ini.

(Chandra/Metama)