Kadivhumas Polri Densus 88 Ungkap Bungker Persembunyian Teroris Upik Lawanga - METROBRATA UTAMA    

METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

Kadivhumas Polri Densus 88 Ungkap Bungker Persembunyian Teroris Upik Lawanga

1 min read

Metama.com,Jakarta ; Dalam keterangan persnya yang disampaikan oleh kadivhumas Polri Irjen Pol.Argo Yuwono menyampaikan bahwa Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri berhasil menemukan bungker milik teroris kelas kakap, Taufik Bulaga alias Upik Lawanga. Bungker itu digunakan untuk bersembunyi dan menyimpan senjata api (senpi) rakitan. “Barang bukti yang disita dari rumah Upik ini ada senjata rakitan dan bungker juga di rumahnya,” kata Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono kepada wartawan, Jumat, 18 Desember.

Argo mengatakan, Upik Lawanga kerap mendapat pesanan membuat senpi rakitan dari pimpinan kelompok terorisme Jamaah Islamiyah (JI). Bahkan, diketahui dia sudah membuat senpi rakitan sejak bulan Agustus 2020. “Tersangka upik ini bulan Agustus 2020 sudah dipesan untuk membuat senjata api rakitan ini. Ada pesanan dari pimpinannya, mulai Agustus 2020 silakan membuat senjata,” ujar dia
“Masalah digunakan kapan belum tahu. Yang bersangkutan sudah menyiapkan, ada perintah untuk membuat senjata,” sambung Argo.

Dalam waktu dekat Polri akan mengekspose secara langsung bungker tersebut. Ekspose itu akan dipimpin langsung Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan.”Besok Kabag Penum akan datang ke Lampung, dengan teman media akan melihat bungker itu seperti apa. Biar paham bungker itu seperti apa,” kata Argo.

Upik Lawanga merupakan anggota JI yang menjadi dalang dari beberapa terror bom seperti bom Tentena, bom Gor Poso, bom Pasar sentral dan rangkaian tindakan teror lainnya pada tahun 2004 hingga tahun 2006.

(RED F)

Baca Juga :  Kapolda Sulut Pimpin Sambang Nusa Merah Putih ke Kabupaten Kepulauan Sitaro