Kronologi Pesawat Sriwijaya Air Hilang Kontak - METROBRATA UTAMA    

METROBRATA UTAMA

Media Hukum & Kriminalitas

Kronologi Pesawat Sriwijaya Air Hilang Kontak

1 min read

Metama.com,Jakarta : Dalam keterangan pers disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan mengenai kronologi pesawat Sriwijaya Air nomor penerbangan SJ 182 rute Jakarta-Pontianak dengan nomor registrasi PK-CLC yang hilang kontak pada Sabtu (9/1). Budi mengatakan pesawat tersebut lepas landas pada pukul 14.36 WIB. “Pukul 14.37 WIB masih (berada di ketinggian) 1.700, kontak diizinkan naik ke ketinggian 29 ribu kaki dengan mengikuti standar instrumen,” kata Budi dalam konferensi video, Sabtu (9/1) malam.

Budi melanjutkan, pada pukul 14.40 WIB, petugas ATC di Jakarta melihat dalam pantauannya pesawat tersebut tidak terbang ke arah yang sesuai. Budi mengatakan, pesawat tersebut justru mengarah ke barat laut. “Oleh karenanya ditanyakan ATC untuk melaporkan arah pesawat. Tidak lama kemudian, dalam hitungan detik SJ 182 hilang dari radar,” ujar Budi.

Setelah itu, Budi menuturkan, manajer operasi ATC di Bandara Soekarno-Hatta langsung berkoordinasi dengan Basarnas, bandara tujuan, dan instansi terkait. Selanjutnya, pada pukul 17.30 WIB, Presiden Joko Widodo memberi arahan untuk memaksimalkan pencarian. “Tentu sudah dikerahkan kapal Basarnas dan dari TNI AL KRI. Kapal-kapal tersebut sudah di TKP,” ungkap Budi.

Sriwijaya Air Angkut 50 Penumpang

Pesawat Sriwijaya Air yang hilang kontak memiliki 50 penumpang. Selain itu pesawat juga berisi 12 kru. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan di antara 50 penumpang tersebut terdapat anak-anak dan bayi. “Tujuh penumpang anak dan tiga bayi,” katanya, Sabtu (9/1). Kementerian Perhubungan mengonfirmasi pesawat Sriwijaya rute Jakarta-Pontianak kehilangan kontak, Sabtu (9/1). Pesawat dengan call sign SJY 182 itu terakhir kontak pada pukul 14.40.

(RED F)

Baca Juga :  Kemendagri : Luruskan Soal Boleh Kampanye di Pesantren